Skip to main content

Posts

Showing posts from 2011

Kajian Islam Berdasarkan Al-Quran

Bab I. PENDAHULUAN Pendahuluan Sifat ayat-ayat al-quran yang masih universal membuat kita umat muslim membutuhkan penafsiran dalam upaya mengaplikasikan pesan yang disampaikan al-quran. Muhammad yang merupakan utusan allah, yang notabenya tahu setiap makna yang terkamdung dalam al-quran sudah meninggalkan kita. Atas dasar tersebut kita umat muslim di anjurkan belajar tafsir. Dalam mata kuliah tafsir kali ini, setidaknya ada 14 pembahasan yang berusaha digali langsung dari al-quran. Adapun ke 14 pembahasan tersebut Antara lain :

1.Hakikat Iman 2.Ciri-Ciri Orang Beriman 3.Tiga Golongan Manusia 4.Hakikat Tauhid 5.Hakikat Syirik 6.Hakikat Kematian 7.Hakikat Hari Kiamat 8.Hakikat Takdir 9.Hakikat Islam 10.Hakikat Ibadah 11.Hakikat Dzikir Dan Doa 12.Pokok-Pokok Kebaikan 13.Hakikat Hidayah 14.Serta Keutmaaan Ilmu Dan Orang Yang Berilmu.

Sondang Tidak Bodoh

OLEH : FOLLY AKBAR Dengan melihat aktivitas keseharian sondang, lalu tempat sondang melakukan aksi, dan kondisi Negara saat ini yang carut marut, sudah bisa menjelaskan motif apa yang melatarbelakangi aksi Sondang. Hampir bisa dipastikan bahwa aksi yang dilakukan Sondang adalah bentuk protes kepada pemerintah. Adapun caranya dengan membakar diri, ini mengindikasikan rasa frustasi akan perjuanganya yang tak kunjung berhasil. Perjuanganya dalam organisasi Hammurabi selama beberapa tahun , jelas menggambarkan bahwa akal Sondang tidaklah pendek. Sondang sudah menggunakan cara yang baik, cara yang mampu menggambarkan intelektual yang dimilikinya dalam memperjuagkan aspirasinya. Tapi karena sulitnya tembok birokrasi yang dia hadapi, aksi bakar diri adalah bentuk perjuangan terakhir yang dia lakukan. Bagi manusia, nyawa adalah sesuatu yang paling berharga dari semua yang dimiliki. Manusia akan berusaha sekuat tenaga menghindari segala marabahaya demi menyelamatkan jiwanya. Jelas akan sangat mu…

Pemuda Menyikapi Hari Pahlawan

OLEH : FOLLY AKBAR Pahlawan adalah gelar bagi seseorang yang memiliki jasa besar yang sangat krusial bagi sebuah Negara. Tercatat 3,5 abad bangsa Indonesia hidup dalam cengkraman penjajah, hingga akhirnya para pahlawan mampu melepaskan bangsa ini dari masa kolonial menuju masa dimana bangsa ini memiliki wewenang untuk mengatur jalan hidupnya secara mandiri. Untuk mengenang jasa pahlawan, bangsa Indonesia menetapkan 10 november menjadi hari pahlawan. Setiap tahun bangsa ini memperingati dan mengenang jasa para pahlawan. Tapi hingga kini, bangsa ini(dibaca :pemerintah) belum mampu merealisasikan apa-apa yang telah diamanatkan oleh para pahlawan. Lalu apa tujuan dari memperingati hari pahlawan? Selain menambah jiwa patriotisme dan nasionalisme, makna tersirat dari memperingati hari pahlawan adalah bagaimana kita selaku penerus bangsa mampu mengingat jasa besar pahlawan yang merelakan jiwanya demi kebebasan seperti yang kita rasakan kini. Dengan harapan kita akan termotivasi denganya, sehin…

Cara Menulis Fiksi

Air Cat Gas Air hujan yang baru saja usai tertumpah, otomatis langsung menghapus bau cat di tembok rumahku. Anugerah yang luar biasa mencium bau hujan sehabis lelah menimpa. Syaraf-syaraf penatku yang tersumbat bau kimia, langsung mencair diporak-porandakan oleh gelombang oksigen. Aku seakan berenang di gas yang jernih di beranda rumah. Ski Zat Alur Lima ski yang dikendarai anak-anak meluncur bersamaan derasnya gelombang air di jalan depan rumah. Wow, begitu liarnya imaji bocah sehingga mereka menjadikan pelepah pisang sebagai papan luncur. Hanya karena ingin menikmati air pancuran dari langit. Ingin rasanya balik lagi ke masa kecil, bukan hanya jiwa kekanak-kanakanku yang terperangkap dalam tubuh jenjang.Kalau saja ada zat pengubah yang bisa mengubahku ke tubuh kecil, akan kubeli dengan harga berapapun. Dan kalau itu benar terjadi, aku akan mengubah semua alur trauma masa kecilku menjadi kegembiraan. Arus Asap Batu Arus kedewasaan yang kini kujalani membuatku gila, itulah mengapa aku ingi…

Cara Menulis Berita

Cara Mudah Menulis Berita
Berita adalah laporan peristiwa terbaru. Peristiwa lama bukan lagi berita, paling-paling jadi berita basi. Peristiwa yang dilaporkan itulah berita. Berita harus selalu mengandung hal baru.Sebagaimana akar kata berita (news), yakni “new” (baru). Unsur Berita: 5W+1H
Laporan itu berisi 5W+1H, enam unsur yang wajib ada dalam sebuah berita, yakni apa yang terjadi (what, apa), apa penyebabnya atau kenapa terjadi (why, kenapa), kapan kejadiannya (when), di mana (where), siapa yang terlibat dalam kejadian itu atau siapa aktornya (who), dan bagaimana kejadiannya (how). Jadi, sebelum dituliskan, kumpukan dulu data-data tersebut (penuhi unsur 5W+1H), cek dan ricek, tabayun, yakinkah semuanya benar dan akurat. Setelah itu, mulailah menulis berita. Bahasa Jurnalistik: Sederhana dan Hemat Kata!
Fakta dan data yang sudah dihimpun dituliskan berdasarkan rumus 5W+1H dengan menggunakan Bahasa Jurnalistik –spesifik= hemat kata, kalimatnya pendek-pendek, baku, dan sederhana; dan ko…

Tips Menulis Opini

Menulis opini, bagi sebagian orang, merupakan pekerjaan yang susah-susah gampang. Banyak tips yang diberikan dalam menulis opini. Baik itu dengan mengenal ciri khas koran tersebut, ataupun dengan mengenal langsung redaksinya. Walaupun begitu, dalam tulisan singkat ini, saya tidak akan membahas mengenai cara mengenal ciri khas koran ataupun cara mengirim tulisan tersebut. Dalam tulisan ini, saya akan membahas cara-cara menghasilkan sebuah opini yang akan dituangkan kepada publik. Terlepas dari definisi pasti mengenai opini, secara garis besar opini dapat diartikan dengan sebuah pendapat yang bersifat argumentatif atau mempunyai landasan. Setidaknya, ada tiga hal yang harus kita lakukan untuk menulis sebuah opini. 1.  Mencari Permasalahan Yang dimaksud dengan permasalahan di sini adalah hal yang akan kita bahas. Bisa melalui berita-berita di koran, bisa juga melalui peringatan-peringatan hari besar, maupun musibah ataupun kejadian-kejadian penting.Sebagai contoh, permasalahan yang akan kit…

Menyikapi Pemberhentian Dana APBD Bagi Klub

Ditengah pincangnya induk persepakbolaan Indonesia yang terintervensi kepentingan politik dan dalam bayang-bayang sanksi FIFA, masalah lain telah menghadang PSSI yang mudah-mudahan segera terbentuk itu. Keputusan mengenai pemberhentiaan kucuran dana APBD terhadap klub-klub di Indonesia jelas akan memberikan dampak yang tidak kecil. Karena  kita tahu, lebih dari  90%  klub di Indonesia dihidupi kucuran dana APBD. Dalam sepak bola modern memang tidak diperbolehkan menggunakan uang rakyat, akan tetapi kondisi sekarang tampaknya masih kurang bersahabat dengan kebijakan ini. Rata-rata klub ISL saja membutuhkan biaya diatas 10 miliyar dalam semusim, bahkan tidak sedikit yang menyentuh angka berkisar 20 miliyar. Dana sebesar itu sulit di dapat jika hanya mengandalkan sponsor, apalagi tidak banyak perusahaan yang siap memberikan sponsor ditengah perekonomian yang serba sulit. Pendapatan lewat karcis pun hanya bisa di nikmati oleh klub yang memiliki supporter besar seperti Arema Indonesia. Sehi…

Jadi Pemandu, Ditengah Kuliah

“Dek, kalo mau naik dari sebelah sana, ga boleh dari sini” Teriakan itu keluar dari mulut salah seorang pemandu yang bertugas di tempat bermain anak-anak di salah satu sudut taman pintar.  Pemuda bernama Muhammad Sigit Prihanto Itu sudah 1tahun bekerja di taman pintar sebagai pemandu. Dengan uang yang dia terima dari pengelola, tugas menjaga keselamatan pengunjung berada didalam tanggung jawabnya. Sepak terjangnya untuk memulai kehidupan yang sebenarnya dimulai pasca pria bertubuh besar itu lulus SMA, tepatnya pada tahun 2006 pria yang akrab di panggil sigit berkelana dari Kota Jepara ke kota yang dikenal sebagai barometer pendidikan yakni Yogyakarta untuk melanjutkan pendidikanya.  Di Yogyakarta sigit diterima disalah satu perguruan tinggi swasta ternama di Yogyakarta yakni Universitas Ahmad Dahlan di jurusan Pendidikan Bahasa Inggris dengan harapan kelak bisa berpartisipasi dalam mencerdaskan bangsa.

Toleransi di Kota Cirebon

Gelar kota cirebon sebagai kota wali membuat masyarakat luar Cirebon menganggap Cirebon adalah salah satu miniatur Negara islam yang 99% mayoritas penduduknya beragama islam, dimana dalam benaknya di cirebon pesantren banyak berserakan, masjid dimana-mana dan minus tempat-tempat ibadah umat beragama lain. Namun semua pandangan itu kurang tepat, karena itu terjadi dimasa lalu, kini kota Cirebon telah berubah menjadi kota yang kental akan pluralitas keberagamaan. Yang akan saya ceritakan adalah kehidupan toleransi umat beragama di kota Cirebon, bukan di kabupaten Cirebon. Karena di kabupaten Cirebon hampir 99% beragama islam, sedangkan di kota Cirebon orang muslim berkisar75% saja, sehingga akan lebih menarik untuk melihat seperti apa toleransi beragama yang ada di kota Cirebon. Selain umat islam, umat beragama lain yang banyak bermukim di kota Cirebon adalah Kristen dan ada segelintir yang beragama konghuchu. Keuanya berasal dari etnis chines yang kini banyak dijumpai di kota Cirebon. D…

Kontak Person

No HP             : 08996303474 Twitter                        : @follyargan FB                   : Folly akbar Email               : Follyakbar@ymail.com Blog                : follyakbar.blogspot.com Wordpress       : follyakbar.wordpress.com Multiply          : follyakbar.mutiply.com

Manfaat Menulis

Banyak sekali manfaat yang kita dapatkan dari menulis. Setidaknya ada 6 manfaat yang akan kita rasakan: 1.     1.  Sebagai Sarana Menuangkan Ide. Dalam kondisi tertentu, terkadang kita kesulitan untuk menuangkan ide kita. Keterbatasan ruang berbicara memaksa kita untuk memendam ide cemerlang, padahal ide kita bagusnya bukan kepalang. Lalu gimana donk? Jawabanya menulis. Setahu saya tidak ada satupun aturan yang melarang kita untuk menulis, apalagi kita hidup dinegara demokrasi(asal jangan menulis al-quran palsu aja..hehe). Lalu gimana orang tahu ide kita? Gak usah bingung, banyak media massa yang mau menampung ide kita. Gak percaya? Coba beli koran apapun, pasti ada kolom yang menyediakan tulisan bagi pembacanya. 2.      2. Sebagai Sarana Perjuangan. Bagi kawan-kawan mahasiswa yang katanya agent of change, ternyata metode kita dalam memperjuagkan aspirasi rakyat tidak sebatas demonstrasi turun kejalan lho? Ada metode lain yang sesekali perlu kita lakukan jika demonstrasi mentok dan Rusuh …

Kenapa Harus Menulis?

Bagi manusia era modern, menulis merupakan rutinitas yang tidak bisa di elakan. Bahkan bisa dikatakan, tidak ada manusia yang tidak menulis(kecuali bayi, orang jompo dan orang tidak sekolah). Menulis dalam arti luas tidak sebatas menggoreskan tinta di atas kertas, melainkan menarinya jari di atas komputer ataupun hp sudah bisa dikatakan aktivitas menulis. Lalu kenapa kita harus menulis? dalam buku Menembus Koran, Bramma Aji mengungkapkan setidaknya ada 3 aktivitas wajib yang harus dilakukan akdemisi yaitu membaca, berdiskusi dan MENULIS. Jadi jika ada akademisi yang enggan melakukan ketiganya, berarti dia telah melakukan sebuah kejahatan. Kok bisa? Menulis merupakan sarana bagi kita berbagi ilmu pengetahuan, dengan tulisan pula kita mampu mentransformasi pengetahuan kita kepada generasi muda ratusan tahun ke depan. Karl Marx dan Imam Ghazali merupakan tokoh yang hidup ratusan tahun yang lalu, tapi mengapa kita masih mengenal mereka? Padahal ibunya nenek kita”buyut” pun kita tidak menge…

Biodata

Nama               : Folly Akbar Panggilan        : Folly atau Ipong TTL                 : Cirebon 18 Desember 1991 Alamat Asli     : Jalan Pangera Kejaksan No. 39 Blok.Curalaya RT.01 RW.06 Kelurahan Sumber Kecamatan Sumber Kabupaten Cirebon 45611 Alamat Kini    : Jalan Bimokurdo No. 31 Sapen Kelurahan Demangan Kecamatan Gondokusuman Kota Yogyakarta Moto               : Hidup Adalah Bekerja, Beribadah dan Bermimpi. Aktivitas         : Mahasiswa dan Aktivis LPM ARENA Kontak person 1.HP       : 08996393474 Atau 085225802259 2.Email   : Follyakbar@ymail.Com 3.FB       : Folly Akbar 4.Twitter : @Follyargan

Riwayat Pendidikan
-SDN 3 Sumber Cirebon 1998-2004
-SMPN 2 Sumber Cirebon 2004-2007
-MA Al-Ishlah Bobos Cirebon Jurusan IPA 2007-20104.
-S1 UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta Jurusan Komunikasi Penyiaran Islam Fakultas Dakwah 2010-sekarang.

Pengalaman organisasi:
-Ketua PMR SMPN 2 Sumber periode 2005-2006
-Ketua Remaja Masjid Mujahidin(KAMASJIDIN) tahun 2009
-Anggota Bantara MA Al-Ishlah Bobos periode 2008-2010

Bentuk-bentuk Komunikasi

Bab I. PENDAHULUAN PENDAHULUAN Kita semua mengetahui dan menyadari, bahwa manusia sebagai makhluk sosial memaksanya untuk salingmembutuhkan satu sama lain. Manusia tidak dapat hidup sendiri secara individualis, akan tetapi mereka mempunyai jiwa sosial. Dan untuk itu mereka memerlukan prosesagar interaksi antar manusia bisa terjalin, salah satunya adalah menggunakan komunikasi. Dengan begitu kehidupan manusia akan terjadi dengan baik. Isi kepala, lingkungan serta latar belakang yang berbeda membuat manusia memiliki persepsi lain dalam mengartikan makna komunikasi. Diluar itu yang terpenting adalah bagaimaa kita bisa memahami makna komunikasi secara garis besar dan macamnya. Berikut ini sedikit pembahasan tentang bentuk-bentuk komunikasi yang kami ambil dari beberapa sumber yang bisa dibuat sebagai tendensi bagi kita sebagai pemula yang mendalami tentang ilmu komunikasi, yang meliputi komunikasi personal, komunikasi kelompok, komunikasi publik dan komunikasi masa. Juga sebagai bahan pertimb…

Cinta Seorang Rabiah Al-adawiyah

I.Pendahuluan Rabi’ah binti Ismail al-Adawiyah tergolong wanita sufi yang terkenal dalam sejarah Islam. Kecintaanya kepada Allah tidak bisa diragukan lagi. Tiada siang baginya kecuali mencurahkan rasa cintanya kepada Allah. Tiada malam baginya kecuali mengungkapkan rasa cintanya kepada sang maha kasih saying. Beliau menberikan contoh kepada kita semua bagaimana mencintai sang kholik. Bahkan rasa cintanya dibuktikan dengan tidak menikahi seorang lelakipun selama hidupnya. Ini bukan berarti rabi’ah tidak normal, akan tetapi dia tidak ingin menduakan pujaan hatinya yakni Allah SWT. Seluruh hatinya telah dicurahkan kepada allah, seakan-akan tidak ada lagi ruang dihatinya untuk mencintai selain allah. Hingga izrail mencabut nyawanya rabi’ah tetap teguh akan cintanya kepada allah, dan bisa dikatakan selama 90 tahun dia hidup, tiada hari kecuali mengagungkan asma ilahi. Seseorang yang mempunyai karakteristik seperti ini mungkin hanya ada satu didunia ini. Dialah “Rabi’ah al-Adawiyah” seorang s…