Skip to main content

Mengenal lebih dekat IT, ICT dan ICCT

  Information
Information atau dalam bahasa indonesia di kenal dengan kata informasi bisa diartikan sebagai kabar atau pesan yang di berikan oleh pemberi informasi yang bertujuan untuk berbagi data yang telah di proses sebelumnya. Sementara itu salah satu ilmuwan barat yakni GORDON B. DAVIS mendefinisikan infomasi sebagai data yang telah di proses ayau di olah ke dalam bentuk yang sangat berarti untuk penerimanya dan merupakan nilai yang sesungguhnya, atau di pahami dalam tindakan atau keputusan yang sekarang atau nantinya.
          Dalam era globalisasi dan kapitalisasi ini, informasi memiliki peran yang vital bagi masyarakat. Tertinggal informasi berarti tertinggal segala-galanya. Dengan dukunga alat komunikasi yang semakin canggih, kini kecepatan penyebaran informasi bisa tergapai dalam hitungan detik saja.

·        Communication
Communication atau dalam bahasa indonesia di kenal dengan istilah komunikasi diartikan sebagai sebuah proses penyampain pesan yang di lakukan komunikator(pembawa pesan) terhadap komunikan(objek atau sasaran pesan). Sementara itu salah seorang ilmuwan barat, yakni KARFRIED KNAPP mendefinisikan komunikasi sebagai sebuah interaksi antar pribadi yang menggunakan sistem simbol linguistik, misalkan simbol verbal(kata-kata) dan non-verbal. Dan sistem ini dapat di sosialisasikan secara langsung(tatap muka) atau melalui bantuan media(tulisan, visual dan oral).

            Komunikasi merupakan aktivitas vital manusia. Bahkan menurut plato, komunikasi adalah kegiatan yang tidak bisa ditinggalkan manusia. untuk memnuhi segala kebutuhanya, manusia membutuhkan manusia lain. dan dalam upaya berinteraksi denga manusia lain inilah dibutuhkan sebuah proses komunikasi.

·        Technologies
Technology atau dalam bahasa indonesia di kenal dengan kata teknologi diartikan sebagai sebuah ilmu pasti atau ilmu terapan yang merupakan hasil dari sebuah rekayasa yang di wujudkan dalam bentuk karya cipta manusia yang di dasarkan pada prinsip-prinsip ilmu pengetahuan.
          Lahirnya teknologi menandai lahirnya sebuah peradaban baru manusia. Setelah berjuta tahun berbagai dinamika peradaban berlangsung mulai dari primitife, feodal, tradisional hingga akhirnya lahir sebuah era modern yang kini kita rasakan. Di dalam era modern ini, teknologi memiliki peranan penting, punahnya alat-alat tradisional memaksa kita untuk menjamah perangkat teknologi yang canggih, mudah dan efisien. Bahkan untuk menggambarkan betapa bergantungnya manusia akan teknologi, kita bisa meminjam istilah”Bagaikan Siang Tanpa Matahari” yakni gelap.

·        Information Technologies(IT)
Secara bahasa Information teknologi(IT) atau dalam bahasa indonesia dikenal dengan bahasa teknologi informasi merupakan perpaduan dari kata teknologi dan informasi. Secara singkat bisa di artikan sebagai informasi yang di teknologikan, maksudnya penyampaian informasi menggunakan teknologi. Tapi untuk lebih jelasnya, berdasarkan Undang-Undang Informasi dan Transaksi Elektronik, Information teknologi(IT) di definisikan sebagai suatu teknik untuk mengumpulkan, menyiapkan, menyimpan, memproses, mengumumkan, menganalisa dan menyebarkan informasi.
Definisi yang tidak jauh berbeda juga di ungkapkan Y.MARYONO & B. PATMI ISTIANA:2005. Menurut mereka IT adalah tata cara atau sistem yang di gunakan oleh manusia untuk menyampaikan informasi atau pesan. Lebih lanjut, IT juga bisa di definisikan sebagai pemanfaatan perangkat komputer sebagai alat untuk memproses, menyajikan, serta mengelola data dan informasi dengan berbasis pada peralatan komunikasi.

·        Information and Communication Technologies (ICT)
Information and communication technologies(ICT), yang di dalam bahasa indonesia di kenal denga istilah Teknologi informasi dan komunikasi(TIK) merupakan payung besar terminologi yang mencakup seluruh peralatan teknis dalam upaya memproses dan menyampaikan sebuah informasi. Ada tiga aspek penting yang terkandung dalam ICT yakni teknologi komunikasi, muatan informasi dan teknologi komputer.
Istilah ICT sendiri muncul pada pertengahan abad ke-20. Hal itu terjadi pasca adanya perpaduan antara teknologi komputer (baik perangkat lunak maupun perangkat keras) dengan teknologi komunikasi. Perpaduan kedua teknologi tersebut telah berkembang dengan sangat pesat dan melampaui bidang teknologi lainya. Dan hingga saat ini, ICT masih terus mengalami berbagai perubahan.
·        Information Collaboration Communication Technologies(ICCT)
Information Collaboration Communication Technologies(ICCT) merupakan gabungan dari komponen-komponen yang sudah saya jelaskan sebelumnya. Belum banyak informasi yang menjelaskan makna dari ICCT, hal ini di karenakan belum begitu populernya ICCT, khususnya di Indonesia.
Tapi munculnya ICCT merupakan jawaban atas kegelisahan manusia yang menginginkan dunia terus maju dan berkembang. Mari kita sambut era ICCT, dengan memperkuat pondasinya terlebih dahulu yakni IT dan ICT.

Comments

Popular posts from this blog

Hadits-hadits Dakwah

  Kewajiban Dakwah
1)مَنْ دَلَّ عَلَى خَيْرٍ فَلَهُ مِثْلُ أَجْرٍ فَاعِلِهِ (رواه مسلم)
“Barang siapa yang menunjukkan kepada suatu kebaikan, maka baginya pahala seperti orang yang melaksanakannya”
2)مَنْ رَأَى مِنْكُمْ مُنْكَرًا فَلْيُغَيِّرْهُ بِيَدِهِ فَإِنْ لَمْ يَسْتَطِعْ فَبِلِسَانِهِ فَإِنْ لَمْ يَسْتَطِعْ فَبِقَلْبِهِ وَذَلِكَ أَضْعَفُ الْإِيمَانِ.( وراه صحيح مسلم) Rasulullah pernah bersabda: “Barangsiapa yang melihat kemungkaran, maka cegahlah dengan tanganmu, apabila belum bisa, maka cegahlah dengan mulutmu, apabila belum bisa, cegahlah dengan hatimu, dan mencegah kemungkaran dengan hati adalah pertanda selemah-lemah iman

HUKUM BERDAKWAH

1)اَنْفِذْ عَلَى رَسُلِكَ حَتَّى تَنْزِلَ بِسَاحَتِهِمْ ثُمَّ اُدْعُهُمْ إِلَى الإِسْلاَمِ وَأَخْبِرْهُمْ بـِمَا يَجِبُ عَلَيْهِمْ مِنْ حَقِّ اللهِ فِيْهِ فَوَاللهِ لِأَنْ يَهْدِيَ اللهُ بِكَ رَجُلاً وَاحِداً خَيْرٌ لَكَ مِنْ أَنْ يَكُوْنَ لَكَ حُمْرُ النَّعَمِ ) (رواه البخارى)
“Ajaklah mereka memeluk Islam dan beritahu mereka apa-apa yang diwaji…

Ayat dan Hadits Tentang Komunikasi Efektif

Bab I Pendahuluan
Dalam perspektif Islam, komunikasi merupakan bagian yang tak terpisahkan dalam kehidupan manusia karena segala gerak langkah kita selalu disertai dengan komunikasi. Komunikasi yang dimaksud adalah komunikasi yang islami, yaitu komunikasi berakhlak al-karimah atau beretika. Komunikasi yang berakhlak al-karimah berarti komunikasi yang bersumber kepada Al-Quran dan hadis (sunah Nabi). 
Dalam Al Qur’an dengan sangat mudah kita menemukan contoh kongkrit bagaimana Allah selalu berkomunikasi dengan hambaNya melalui wahyu. Untuk menghindari kesalahan dalam menerima pesan melalui ayat-ayat tersebut, Allah juga memberikan kebebasan kepada Rasulullah untuk meredaksi wahyu-Nya melalui matan hadits. Baik hadits itu bersifat Qouliyah (perkataan), Fi’iliyah (perbuatan), Taqrir (persetujuan) Rasul, kemudian ditambah lagi dengan lahirnya para ahli tafsir sehingga melalui tangan mereka terkumpul sekian banyak buku-buku tafsir.

Dai, Mad'u dan Pesan Dakwah

A.LATAR BELAKANG Agama merupakan sebuah sistem kepercayaan yang pada dasarnya adalah menentukan pijakan hidup seorang manusia pada sebuah keyakinan akan kebutuhan fitrawi manusia itu sendiri atas kepercayaan yang dianutnya. Unsur ajaran dan tata nilai menjadi sebuah bangunan kokoh yang tertanam dalam esensi ajaran dari sebuah agama. Ajaran dan tata nilai tersebut menciptakan sebuah bangunan tradisi yang menjadikan aktifitas kehidupan memiliki aturan dalam proses interaksi sosial-keagamaan. Dari sini bisa kita asumsikan bahwa manusia pada dasarnya memerlukan kepercayaan dan sebuah pedoman untuk hidup. Pemberian kepercayaan dan sebuah pedoman manusia tidak dapat secara langsung diberikan, melainkan dengan sebuah perantara yaitu dakwah. Secara terminology dakwah telah banyak didefinisikan oleh para ahli. Sayyid Qutb memberi batasan dengan ‘mengajak’ atau ‘menyeru’ kepada orang lain masuk kedalam sabil Allah Swt. Bukan untuk mengikuti dai atau sekelompok orang. Dakwah sendiri dapat didefin…