Skip to main content

Contoh Transkrip Siaran Radio

No
Petugas
Materi
Durasi
1
Operator
Sisipan 1: memutar lagu iwan fals berjudul tanam, siram, tanam
300 detik
2
Narator
Narasi “radio teman petani 100,1 AM. Soundtreck of your passion: menanam untuk indonesia.
7 detik
3
Penyiar 1
Opening” selamat siang pendengar radio teman petani// bertemu kembali dengan kami hartato ardi saputra.
8 detik
4
Penyiar 2
Dan saya Folly Akbar
3 detik
5
Penyiar 1
Dalam acara
3 detik
6
Penyiar 1&2
Bincang-bincang tani indonesia
5 detik
7
Penyiar 2
Pada kesempatan berbahagia ini, kita akan sama-sama berbincang mengenai strategi dan tips bertani di musim kemarau. Di samping kami sudah ada salah satu pakar pertanian, seorang insinyur yang berasal dari Universtas gajah mada yogyakarta bernama jono sudirman.

12 detik
8
Operator
Sisipan 2: suara tepuk tangan
5 detik
9
Penyiar 1
Selamat siang insinyur jono// apa kabar?// ya para pendengar radio teman petani, hari ini kita akan berbincang bagaimana caranya kita bisa mensiasati agar tanaman tetap produktif di musim kemarau dengan sedikit air// biasanya dimusim kemarau seperti ini, sumur buatan petani mulai surut// tetapi ada cara efektif, seperti yang telah dilakukan insinyur jono di perkebunan pribadi miliknya.
20 detik
10
Penyiar 2
Sesi interview 1
Sebelum kita bahas lebih lanjut, mari kita mendengarkan sebuah tembang lagu yang sudah kami siapkan dari erni johan berjudul teratai putih
800 detik
11
Operator
Sispan 3: lagu erni johan
300 detik
12
Penyiar 1&2
Sesi tanya jawab dengan pendengar
Para pendengar radio teman petani// bagi anda yang ingin bertanya kepada insinyur jono mengenai pertanian  langsung telepon ke nomor 0274861356 atau ke layanan sms ke nomor 08996457654.
1400 detik
13
Operator
Iklan bibit-bibit unggul
40 detik.
14
Penyiar 1
Para pendengar, sebelum menginjak sesi tanya jawab yang kedua. Kami telah menyiapkan sebuah berita yang berkaitan dengan pembicaraan kita kali ini. Rekan samidi melaporkan langsung dari pasar keranggan yogyakarta.
17 detik
15
Operator
Sisipan : suasana kerumunan pasar
5 detik
16
Reporter
Narasi 1: kualitas sayuran di pasar tradisional DIY semakin buruk seiring musim kemarau yang berkepanjangan. Tak hanya itu, harga sayuran juga semakin melonjak. Di pasar Kranggan, hampir semua jenis sayuran mengalami kenakikan harga yang signifikan. Di antaranya, kacang panjang naik dari Rp. 5.000 menjadi Rp. 8.000 perkilogram, sawi hijau dari Rp. 2.000 menjadi Rp. 4000, kol dari Rp. 2.000 menjadi Rp.4.500, wortel dari Rp. 5.000 menjadi Rp. 9.000, tomat dari Rp 6.000 menjadi Rp. 7.000 perkilogram.
20 detik
17
Narasumber 1
Sisipan : keluhan salah satu pedagang pasar
15 detik
18
Reporter
Narasi 2: Kenaikan tersebut terjadi karena berkurangnya produksi serta biaya pemeliharaan tanaman yang jauh lebih mahal selama musim kemarau. Saat musim kemarau, petani terpaksa menambah biaya untuk penyiraman tanamannya. Musim kemarau juga membuat beberapa petani sayuran gagal panen, sehingga pasokan barang berkurang.
15 detik
19
Narasumber 2
Sisipan : keluh salah satu pedagang
15 detik
20
Reporter
Sementara itu, mulyadi salah satu petani sayuran petani di kulon progo mengungkapkan keringnya sumur galian para petani menyebabkan produktifitas hasil pertanianya menurun. Dia mengatakan, diperlukan biaya tambahan sebesar 100ribu perbulan untuk membeli air tambahan.
15 detik
21
Narasumber 3
Sisipan : keluh salah seorang petani.
15 detik
22
Penyiar 1
Kembali ke tamu kita// pak jono, gimana tanggapan anda mengenai berita tadi?// jono menjawab
250 detik
23
Penyiar 2
e.. ini pertanyaan terakhir dari pak aris salah seorag petani dari playen gunung kidul. Pertanyaanya, bagaimana melawan tengkulak yang bayak bermunculan ketika musi kemarau seperti ini// karena menurut beliau, ini adalah kesempatan menaikan harga dan laba yang besar// jono menjawab
250 detik
24
Penyiar 1&2
Ya pendengar, demikianlah perbincangan kita bersama insinyur jono// semoga perbincangan kali ini memperkaya khasanah dan wacana para pendengar semuanya// sehingga membuat semangat dan gairah menanam untuk anak cucu kita semua// kita akan bertemu lagi pekan depan pada hari dan jam yang sama// kurang lebihnya mohon maaf// wassalamualaikum wr.wb
40 detik
Total   
3610 Detik /1 jam 10 detik

                                   





Format Acara Rad
No
Petugas
materi
durasi
1
Operator
Lagu 1
300 detik
2
Narator
Soundtrack
7 detik
3
Penyiar 1
Opening
31 detik
4
Penyiar 2
5
Penyiar 1
6
Penyiar 1&2
7
Penyiar 2
8
Operator
Tepuk Tangan

9
Penyiar 1
Talk show
820 detik
10
Penyiar 2
11
Operator
Lagu
300 detik
12
Penyiar 1&2
Tanya Jawab
1400 detik
13
Operator
Iklan
40 detik
14
Penyiar 1
Pengantar Berita
17 detik
15
Operator






Berita
100 detik
16
Reporter
17
Narasumber 1
18
Reporter
19
Narasumber 2
20
Reporter
21
Narasumber 3
22
Penyiar 1
Talk show Sesi akhir


500 detik
23
Penyiar 2
24
Penyiar 1&2
Closing
  40 detik
Total
3610 detik

Comments

Popular posts from this blog

Hadits-hadits Dakwah

  Kewajiban Dakwah
1)مَنْ دَلَّ عَلَى خَيْرٍ فَلَهُ مِثْلُ أَجْرٍ فَاعِلِهِ (رواه مسلم)
“Barang siapa yang menunjukkan kepada suatu kebaikan, maka baginya pahala seperti orang yang melaksanakannya”
2)مَنْ رَأَى مِنْكُمْ مُنْكَرًا فَلْيُغَيِّرْهُ بِيَدِهِ فَإِنْ لَمْ يَسْتَطِعْ فَبِلِسَانِهِ فَإِنْ لَمْ يَسْتَطِعْ فَبِقَلْبِهِ وَذَلِكَ أَضْعَفُ الْإِيمَانِ.( وراه صحيح مسلم) Rasulullah pernah bersabda: “Barangsiapa yang melihat kemungkaran, maka cegahlah dengan tanganmu, apabila belum bisa, maka cegahlah dengan mulutmu, apabila belum bisa, cegahlah dengan hatimu, dan mencegah kemungkaran dengan hati adalah pertanda selemah-lemah iman

HUKUM BERDAKWAH

1)اَنْفِذْ عَلَى رَسُلِكَ حَتَّى تَنْزِلَ بِسَاحَتِهِمْ ثُمَّ اُدْعُهُمْ إِلَى الإِسْلاَمِ وَأَخْبِرْهُمْ بـِمَا يَجِبُ عَلَيْهِمْ مِنْ حَقِّ اللهِ فِيْهِ فَوَاللهِ لِأَنْ يَهْدِيَ اللهُ بِكَ رَجُلاً وَاحِداً خَيْرٌ لَكَ مِنْ أَنْ يَكُوْنَ لَكَ حُمْرُ النَّعَمِ ) (رواه البخارى)
“Ajaklah mereka memeluk Islam dan beritahu mereka apa-apa yang diwaji…

Ayat dan Hadits Tentang Komunikasi Efektif

Bab I Pendahuluan
Dalam perspektif Islam, komunikasi merupakan bagian yang tak terpisahkan dalam kehidupan manusia karena segala gerak langkah kita selalu disertai dengan komunikasi. Komunikasi yang dimaksud adalah komunikasi yang islami, yaitu komunikasi berakhlak al-karimah atau beretika. Komunikasi yang berakhlak al-karimah berarti komunikasi yang bersumber kepada Al-Quran dan hadis (sunah Nabi). 
Dalam Al Qur’an dengan sangat mudah kita menemukan contoh kongkrit bagaimana Allah selalu berkomunikasi dengan hambaNya melalui wahyu. Untuk menghindari kesalahan dalam menerima pesan melalui ayat-ayat tersebut, Allah juga memberikan kebebasan kepada Rasulullah untuk meredaksi wahyu-Nya melalui matan hadits. Baik hadits itu bersifat Qouliyah (perkataan), Fi’iliyah (perbuatan), Taqrir (persetujuan) Rasul, kemudian ditambah lagi dengan lahirnya para ahli tafsir sehingga melalui tangan mereka terkumpul sekian banyak buku-buku tafsir.

Dai, Mad'u dan Pesan Dakwah

A.LATAR BELAKANG Agama merupakan sebuah sistem kepercayaan yang pada dasarnya adalah menentukan pijakan hidup seorang manusia pada sebuah keyakinan akan kebutuhan fitrawi manusia itu sendiri atas kepercayaan yang dianutnya. Unsur ajaran dan tata nilai menjadi sebuah bangunan kokoh yang tertanam dalam esensi ajaran dari sebuah agama. Ajaran dan tata nilai tersebut menciptakan sebuah bangunan tradisi yang menjadikan aktifitas kehidupan memiliki aturan dalam proses interaksi sosial-keagamaan. Dari sini bisa kita asumsikan bahwa manusia pada dasarnya memerlukan kepercayaan dan sebuah pedoman untuk hidup. Pemberian kepercayaan dan sebuah pedoman manusia tidak dapat secara langsung diberikan, melainkan dengan sebuah perantara yaitu dakwah. Secara terminology dakwah telah banyak didefinisikan oleh para ahli. Sayyid Qutb memberi batasan dengan ‘mengajak’ atau ‘menyeru’ kepada orang lain masuk kedalam sabil Allah Swt. Bukan untuk mengikuti dai atau sekelompok orang. Dakwah sendiri dapat didefin…