Skip to main content

Terperdaya Kebutuhan Palsu



Pergerakan nilai rupiah terhadap dollar Amerika terus melemah. Mengacu pada treck record beberapa tahun terakhir,  nilai tukar rupiah saat ini -yang sempat mencapai angka 11 ribu menjadi yang terburuk dalam 4 tahun terakhir. Beberapa pengamat ekonomi bahkan mengisyaratkan jika krisis 98 sangat mungkin kembali terulang.
Melihat aktivitas impor yang masih tinggi, atau bahkan semakin tinggi, melemahnya nilai tukar rupiah tentu sangat mempengaruhi situasi perekonomian nasional, mengingat posisi dollar sebagai alat transaksi utama perdagangan dunia. Kondisi ini mengakibatkan harga beberapa kebutuhan,–terlebih kebutuhan yang bergantung pada komoditas impor mengalami kenaikan.
Awal tahun 2013 lalu, Bank Indonesia memprediksi jika jumlah kelas menengah di Indonesia saat ini mencapai 60 % dari total penduduk, atau sekitar 135 juta jiwa. Dengan perilaku konsumtif yang tinggi, angka sebesar itu menjadikan bangsa ini layaknya lautan madu bagi pelaku usaha di dunia, khususnya di bidang elektronik dan kendaraan.
Tengok saja angka penjualan mobil hingga semester I tahun 2013 yang meningkat 12,45 % menjadi 601.952 unit, dibanding tahun sebelumnya yang hanya 532.261 unit pada periode yang sama. Hal yang tidak jauh berbeda pun terjadi pada penjualan gadget dan sejenisnya.
Suka tidak suka, perilaku konsumtif kelas menengah ini akan berpengaruh pada stabilitas harga. Mengingat kelas tersebut mendominasi berbagai transaksi ekonomi. Karena dalam teori ekonomi, meningkatnya permintaan selalu disandingkan dengan kenaikan harga. Jika demikian, masyarakat menengah ke bawah kembali menjadi korban. Mereka yang sudah tertatih, dipaksa berpacu bersama masyarakat kelas menengah dengan segala “kebutuhan palsu” yang menyelimuti mereka.


Kebutuhan Palsu
Jika kita mengamati apa yang menjadi bahan konsumsi masyarakat kelas menengah belakangan ini, kita akan sulit menemukan sesuatu yang sangat substansial. Artinya, apa yang mereka konsumsi bukanlah hal-hal yang bersifat primer, melainkan kebutuhan yang diciptakan kaum kapital guna mensukseskan bisnis mereka. Meminjam istilah dalam kajian Pop Culture, mereka di setir oleh “Kebutuhan Palsu”.
Maka tidak heran jika tren di masyarakat begitu cepat berubah. Bergantung pada sejauh mana market dari sebuah produk memenangi wacana yang ada pada benak masyarakat. Dulu Nokia, sekarang Samsung dan Blackberry. Belum selesai disitu, Apple dengan iPhone5-nya sudah mencoba menggeser dominasi keduanya. Padahal kita sama-sama tahu jika fungsi dari semua itu adalah alat komunikasi.
Dengan demikian, akan sangat sulit jika kita berharap kelas menengah segera menyadari rekayasa kaum kapital. Karena menurut mazhab Frankfurt, industri budaya membentuk selera dan kecenderungan massa, sehingga mencetak kesadaran mereka dengan cara menanamkan keinginan mereka atas kesadaran palsu. Tidak hanya itu, industri budaya terus berusaha mengesampingkan kebutuhan riil, dan ini menjadikan manusia tidak menyedari dengan apa yang terjadi. Jadi akan sangat utopis jika kelas menengah menghilangkan budaya konsumsinya.

Revolusi Industri dalam negeri
Melihat kondisi tersebut, satu-satu jalan yang bisa ditempuh bangsa ini adalah dengan menggenjot sektor produksi dalam negeri. Dengan kemandirian bangsa ini memenuhi kebutuhanya sendiri, persoalan obligasi dollar tidak akan banyak pengaruh. Sebaliknya, justru kita akan diuntungkan jika produksi kita bisa surplus dan dijual di pasar internasional.
Jika melihat tak pernah surutnya kreatifitas pelajar, baik di tingkat SMK maupun perguruan tinggi, bangsa ini sebetulnya memiliki potensi SDM untuk memenuhi kebutuhanya sendiri di bidang teknologi. Bahkan apa yang dilakukan BJ Habibie 18 tahun yang lalu menjadi bukti nyata bahwa anak bangsapun sanggup melakukan maneuver di bidang teknologi. Yang dibutuhkan hanya kemauan pemerintah.
Dukungan yang dilakukan Jokowi dan Dahlan Iskan terhadap karya siswa SMK belakangan ini seyogyanya menginspirasi pemerintah pusat mendukung kreatifitas generasi muda secara kolektif, terstruktur dan riil, disamping menciptakan wacana mencintai produk dalam negeri. Jika itu dilakukan, “Revolusi Industri dalam negeri” hanya soal menunggu waktu. Bahkan jika itu dilakukan di sektor lainya, bangsa ini akan menjadi bangsa yang mandiri dan sejahtera.

Pernyataan di atas bukanlah susuatu yang utopis, terlebih mimpi tersebut sejalan dengan arah modernitas. Artinya itu bisa dilakukan jika kita mau. Persoalanya, beranikah pemerintah kita melawan kapital asing dan menjadikan bangsa ini mandiri?

Comments

Juliana Kho said…
https://vivaslotmobile.blogspot.com/2018/02/mitos-dan-fakta-tentang-mesin-slot-apa.html?showComment=1536576345561#c8290965137558145534
Paijo chipit said…
A good blog always comes-up with new and exciting information and while reading I have feel that this blog is really have all those quality that qualify a blog to be a one.
http://idnsports.asia/
http://idnsbobet.org/
http://idnpokerindonesia.com/
http://www.idnfantan.com/
http://www.idnplay168.com/
http://www.idnpools.net/
http://idnplaypool.com/
http://www.idnpokeruangasli.com/
Juliana Kho said…
Thank you for your information, please visit:
http://www.regispokeronline.com/
s128cash said…
Agen s128 adalah situs sabung ayam online sebagai salah satu penyedia jasa {sabung ayam|
sabung ayam online|
http://68.65.120.113/|
sabung ayam s128|
ayam sabung|
sabung ayam s128|
s128 sabung ayam|
s128|
http://68.65.120.113/} di indonesia.
Agen s128 adalah situs sabung ayam online sebagai salah satu penyedia jasa {sabung ayam|
sabung ayam online|
https://www.s128.bet/|
sabung ayam s128|
ayam sabung|
sabung ayam s128|
s128 sabung ayam|
s128} di indonesia.
Agen s128 adalah situs sabung ayam online sebagai salah satu penyedia jasa {sabung ayam|
sabung ayam online|
https://www.s128.cash/|
sabung ayam s128|
ayam sabung|
sabung ayam s128|
s128 sabung ayam|
s128} di indonesia.
Agen s128 adalah situs sabung ayam online sebagai salah satu penyedia jasa {sabung ayam|
sabung ayam online|
https://taruhans128.com/|
sabung ayam s128|
ayam sabung|
sabung ayam s128|
s128 sabung ayam|
s128} di indonesia.
s128cash said…
Agen s128 adalah situs sabung ayam online sebagai salah satu penyedia jasa {sabung ayam|
sabung ayam online|
http://68.65.120.113/|
sabung ayam s128|
ayam sabung|
sabung ayam s128|
s128 sabung ayam|
s128|
http://68.65.120.113/} di indonesia.
Agen s128 adalah situs sabung ayam online sebagai salah satu penyedia jasa {sabung ayam|
sabung ayam online|
https://www.s128.bet/|
sabung ayam s128|
ayam sabung|
sabung ayam s128|
s128 sabung ayam|
s128} di indonesia.
Agen s128 adalah situs sabung ayam online sebagai salah satu penyedia jasa {sabung ayam|
sabung ayam online|
https://www.s128.cash/|
sabung ayam s128|
ayam sabung|
sabung ayam s128|
s128 sabung ayam|
s128} di indonesia.
Agen s128 adalah situs sabung ayam online sebagai salah satu penyedia jasa {sabung ayam|
sabung ayam online|
https://taruhans128.com/|
sabung ayam s128|
ayam sabung|
sabung ayam s128|
s128 sabung ayam|
s128} di indonesia.

Popular posts from this blog

Hadits-hadits Dakwah

  Kewajiban Dakwah
1)مَنْ دَلَّ عَلَى خَيْرٍ فَلَهُ مِثْلُ أَجْرٍ فَاعِلِهِ (رواه مسلم)
“Barang siapa yang menunjukkan kepada suatu kebaikan, maka baginya pahala seperti orang yang melaksanakannya”
2)مَنْ رَأَى مِنْكُمْ مُنْكَرًا فَلْيُغَيِّرْهُ بِيَدِهِ فَإِنْ لَمْ يَسْتَطِعْ فَبِلِسَانِهِ فَإِنْ لَمْ يَسْتَطِعْ فَبِقَلْبِهِ وَذَلِكَ أَضْعَفُ الْإِيمَانِ.( وراه صحيح مسلم) Rasulullah pernah bersabda: “Barangsiapa yang melihat kemungkaran, maka cegahlah dengan tanganmu, apabila belum bisa, maka cegahlah dengan mulutmu, apabila belum bisa, cegahlah dengan hatimu, dan mencegah kemungkaran dengan hati adalah pertanda selemah-lemah iman

HUKUM BERDAKWAH

1)اَنْفِذْ عَلَى رَسُلِكَ حَتَّى تَنْزِلَ بِسَاحَتِهِمْ ثُمَّ اُدْعُهُمْ إِلَى الإِسْلاَمِ وَأَخْبِرْهُمْ بـِمَا يَجِبُ عَلَيْهِمْ مِنْ حَقِّ اللهِ فِيْهِ فَوَاللهِ لِأَنْ يَهْدِيَ اللهُ بِكَ رَجُلاً وَاحِداً خَيْرٌ لَكَ مِنْ أَنْ يَكُوْنَ لَكَ حُمْرُ النَّعَمِ ) (رواه البخارى)
“Ajaklah mereka memeluk Islam dan beritahu mereka apa-apa yang diwaji…

Ayat dan Hadits Tentang Komunikasi Efektif

Bab I Pendahuluan
Dalam perspektif Islam, komunikasi merupakan bagian yang tak terpisahkan dalam kehidupan manusia karena segala gerak langkah kita selalu disertai dengan komunikasi. Komunikasi yang dimaksud adalah komunikasi yang islami, yaitu komunikasi berakhlak al-karimah atau beretika. Komunikasi yang berakhlak al-karimah berarti komunikasi yang bersumber kepada Al-Quran dan hadis (sunah Nabi). 
Dalam Al Qur’an dengan sangat mudah kita menemukan contoh kongkrit bagaimana Allah selalu berkomunikasi dengan hambaNya melalui wahyu. Untuk menghindari kesalahan dalam menerima pesan melalui ayat-ayat tersebut, Allah juga memberikan kebebasan kepada Rasulullah untuk meredaksi wahyu-Nya melalui matan hadits. Baik hadits itu bersifat Qouliyah (perkataan), Fi’iliyah (perbuatan), Taqrir (persetujuan) Rasul, kemudian ditambah lagi dengan lahirnya para ahli tafsir sehingga melalui tangan mereka terkumpul sekian banyak buku-buku tafsir.

Dai, Mad'u dan Pesan Dakwah

A.LATAR BELAKANG Agama merupakan sebuah sistem kepercayaan yang pada dasarnya adalah menentukan pijakan hidup seorang manusia pada sebuah keyakinan akan kebutuhan fitrawi manusia itu sendiri atas kepercayaan yang dianutnya. Unsur ajaran dan tata nilai menjadi sebuah bangunan kokoh yang tertanam dalam esensi ajaran dari sebuah agama. Ajaran dan tata nilai tersebut menciptakan sebuah bangunan tradisi yang menjadikan aktifitas kehidupan memiliki aturan dalam proses interaksi sosial-keagamaan. Dari sini bisa kita asumsikan bahwa manusia pada dasarnya memerlukan kepercayaan dan sebuah pedoman untuk hidup. Pemberian kepercayaan dan sebuah pedoman manusia tidak dapat secara langsung diberikan, melainkan dengan sebuah perantara yaitu dakwah. Secara terminology dakwah telah banyak didefinisikan oleh para ahli. Sayyid Qutb memberi batasan dengan ‘mengajak’ atau ‘menyeru’ kepada orang lain masuk kedalam sabil Allah Swt. Bukan untuk mengikuti dai atau sekelompok orang. Dakwah sendiri dapat didefin…