Skip to main content

Melihat Kesederhanaan Para Pejabat Timor Leste

Jawa Pos saat berbincang dengan Menteri Sosial Timor Leste


Di Sini Bupati Itu, aaah..., Orang Biasa

Banyak pejabat di Timor Leste yang memilih hidup tanpa kawalan. Tiada pula protokoler ketat. Warga pun bebas menyampaikan keinginan secara langsung. Berikut laporan FOLLY AKBAR yang baru pulang dari sana.

---

ACACIO Pinto, 28, seorang warga Dili, mendadak terbangun dari kursinya. Dia berjalan beberapa langkah. Lalu menjabat tangan perempuan paro baya.

Di sekelilingnya, ratusan warga Dili lainnya tampak tenang. Setia menunggu antrean pengobatan gratis di KRI Soe­harso yang bersandar di Pelabuhan Dili, Timor Leste.


"Itu Ibu Menteri Solidaritas Timor Leste," ujar Acacio kepada Jawa Pos menunjuk si perempuan paro baya tersebut. Siang itu (31/1) Acacio juga turut berkumpul dengan rombongan kru KRI Soeharso asal Indonesia.

Beberapa kru kapal yang tidak memperhatikan aktivitas Acacio sebelumnya pun tampak bingung. "Mana menterinya?" ujar Sapardi, salah seorang rombongan dari Indonesia. Meski hanya berjarak sekitar 7 meter, Sapardi tidak melihat ada sosok pejabat negara di hadapannya.

"Yang itu," kata Acacio sembari menelunjukkan jari tangannya ke arah perempuan yang dimaksud

Sapardi dan beberapa orang lainnya pun tertegun. Perempuan tua yang menjabat menteri solidaritas Timor Leste itu bernama Isabel Amaral Guterres. Itu mirip dengan menteri sosial jika di Indonesia. Usianya sudah 58 tahun.

Keriput di kulitnya dibiarkan begitu saja. Tiada riasan atau sekadar bedak dan lipstik di wajahnya. "Saya tidak pakaimake-up," kata Isabel, lantas tersenyum.

Saat tiba di pelabuhan, tidak ada keriuhan layaknya menyambut seorang pejabat di Indonesia. Jangankan rombongan polisi pengawal, satu orang pengawal pun tidak terlihat di sampingnya.

Dia datang bersama seorang direktur jenderal di kementeriannya. "Ingin memantau masyarakat yang berobat," imbuhnya.

Warga Dili yang mengetahui kedatangan pejabat negaranya pun tidak bereaksi berlebihan. Hanya beberapa orang yang tampak menyapa dan berbincang sesaat. Sama seperti saat mereka melihat warga Dili lainnya datang. Semua berjalan biasa-biasa saja. Mirip seperti seorang ketua RT memantau kegiatan di lingkungannya.

Siang itu Isabel mengenakan pakaian setelan blus pendek bermotif kembang-kembang dan celana kain panjang hitam. Di pundaknya, dia gelantungkan tas plastik berwarna hitam. "Harganya 40 dolar," kata Isabel.

Di Timor Leste, USD 40 terhitung murah. Sebab, hampir semua merupakan produk impor dengan biaya distribusi yang relatif mahal. Sebagai perbandingan, harga seporsi nasi padang saja mencapai USD 5 atau sekitar Rp 67.500.

Menurut pengakuan Isabel, bukan hanya dirinya, sebagian besar pejabat di Timor Leste memang juga tidak suka dikawal. Meski standard operating procedure (SOP) mengatur penggunaan pengawal, sebagian besar menteri tidak menggunakannya.

Saat ini hanya presiden, perdana menteri, hakim, dan ketua parlemen yang wajib dikawal. Dan tidak boleh menolak. Dalam hal berpakaian, pakaian dinas hanya digunakan dalam forum-forum resmi kenegaraan. "Awal-awal saya iya (menggunakan, Red). Sekarang jalan sendiri saja," ungkap lulusan Australian Catholic University itu.

Pengawalan, menurut Isabel, merupakan hal yang nyaris sia-sia. Sebab, tidak ada ancaman yang membuat seorang pejabat harus dikawal. "Di sini semua bersaudara," kata perempuan yang sempat merasakan duduk di bangku kuliah di Universitas Atma Jaya Jakarta tersebut.

Di tempat yang sama, seorang laki-laki tampak tengah asyik berbincang dengan beberapa warga Dili. Mereka sangat akrab. Beberapa kali tawa lepas terlihat melengkapi perbincangan mereka siang itu.

Sesekali pria bertinggi sekitar 165 sentimeter tersebut tampak memantau anak laki-lakinya yang berlari-lari di dermaga pelabuhan. "Dia menteri pemuda dan olahraga," kata Acacio saat memperkenalkannya kepada Jawa Pos. Leovigildo Hornai nama pejabat itu.

Sama seperti Isabel, Leo -sapaannya- juga mengunjungi posko pengobatan tanpa embel-embel protokoler. Bedanya, Leo berpenampilan lebih necis. Sebuah kaus polo putih masuk ke dalam celana panjang ketat berwarna cokelat yang dipakainya. Di tangan kirinya terlihat sebuah jam tangan berwarna keemasan. "Ini jam pemberian. Usianya sudah sangat lama," katanya.

Leo bercerita, dirinya tidak membutuhkan kawalan. Kata dia, tidak ada alasan bagi warga Timor Leste untuk berbuat jahat kepadanya. "Ngapain berbuat jahat ke saya? Mereka bisa menyampaikan kemauannya seperti saat seperti ini," kata Leo merujuk pada perbincangannya dengan warga siang itu.

Di lokasi acara tersebut, para menteri lainnya pun bergaya serupa. Nyaris tidak ada aksesori yang membedakan warga biasa dengan pejabat sekelas menteri. "Kami di sini sulit membedakan yang mana pejabat, yang mana warga. Jaga perilaku," kata Kepala Staf Operasi Kolonel Laut (K) Wiweka saat mengarahkan kru kapal.

Fernando Dexis, warga Dili, bercerita, kultur pejabat di Timor Leste memang seperti itu. Bertemu atau menyampaikan keinginan secara langsung bukan hal yang sulit bagi warga. Bahkan, pada 25 Januari lalu, dia sempat menemui langsung Presiden Timor Leste Taur Matan Ruak di kantornya. Pertemuan tersebut dilakukan hanya tujuh hari setelah surat permohonan bertemu. "Saya minta dikuliahkan di Australia," kata pemuda 22 tahun itu. Bukan hanya dirinya, beberapa warga lain kerap melakukan hal yang sama.

Sewaktu kecil, di rumahnya, Dexis mengaku malah pernah dikunjungi Xanana Gusmao yang kala itu masih menjabat presiden. "Waktu itu saya sakit," kenangnya.

Karena itu, Dexis mengaku heran saat melihat rombongan seorang bupati di Nusa Tenggara Barat datang dengan pengawalan penuh. "Di sini bupati itu seperti, ahhhh..., orang biasa," ujarnya. (*/c9/sof)

Comments

Assalamualaikum.Wr.Wb.Perkenalkan nama FENSSISKA dri kota Padang,sumatra barat. Salam buat
teman saudara di Grup ini. Smoga apa yg saya
sampaikan ini bsa bermamfaat buat saudara
semuanya dan tujuan
saya hanya ingin berbagi buat saudara semuanya….SAYA Sdh 5-6 Tahun bkerja sbgai (TKW) di
ARAB SAUDI. Gaji Rp5-6Juta/bulan. Itupun jka lembur
smaleman,gaji di naikkan. Tiap kli Sya tringat sma
KELUARGA di Kampung. Mngkin KANGEN,krn sdh lma
tdk ketemu. Sbgai Ank ke-1,Sya wajib mmbantu
KELUARGA. Mka dr itu tiap bulan Mngirim : 1/2 Uang dr Gaji Bulanan yg Sya Trima. Smua ini ku lkukan sbgai
Rasa Hormat,Tnggung Jwab,& sbgai Tlan Punggung
KELUARGA. Bsa Memenuhi Kebutuhan Prekonomian
KELUARGA tiap Bulannya. Agr bsa MENGURANGI BEBAN
PIKIRAN,MASALAHG srta DERITA yg slma ini KELUARGA
Sya alami hingga kni. Alhamdulillah. #DOA .SAYA.SEKELUARGA.TERKABULKAN# Kmrin,sat Lembur
tngah malm,ada satu Krabat/Tman TKW dtang &
berbcra pnjng Lbar dgn Sya. Mngenai (SOLUSI) dr smua
mslah yg Sya Sekeluarga almi. Dberiknlah Sya
No.Ponsel : +6282333304861 MBAH DAMAR, Pd
saat itu Sya lansung HUB/TELPON MBAH DAMAR. Sya Berbcara dgn MBAH DAMAR sngat Lama dan
Membrithukn tntang smua PERMASALAHAN yg slma
ini Sya SEKELUARGA Rasakan dan Mengalaminya.
SYUKUR MBAH DAMAR Mengerti tntang apa yg
Sya Rasakan SEKELUARGA. Dbrikanlah #SOLUSI/ JALAN# agar smuanya HILANG dr Kehidupan Sya
SEKELUARGA & tdk akn trulan kmbli. Dlm Hati Sya
brkta.#AMIN#.agar ini mnjdi KENYATAAN.''SUMPAH DEMI TUHAN'' Ini
Bener2 TERBUKTI & MENJDI KENYATAAN di dlm Khdpan
Sya. Awalx Sya tdk prcaya smua ini,tp KEYAKINAN
Sya sngt meyakinkan ini psti,dan Sya Melaksanakn
prosedurnya yg di
Perintahkn MBAH DAMAR Dan akhirnya Sya sngat kaget dan tak bisa berkata-kata lgi,Melihat&Men
dengar ini Benar2 TERJADI.. Apbila Krabat/Tman2 TKW
Ingin Sperti Sya. Kmarin Menang
Dpt : Rp450jt.
Slhkn HUB/TELPON Lansung MBAH DAMAR di :
+6282333304861 Dimna MBAH DAMAR Siap & Sanggup Membntu Kerabat/Tman2 TKW''JP'' hari ini.
Sya SEKELUARGA sngat brsyukur skali,krn skarng
HIDUP Sya sdh tdk MISKIN lgi. hingga saat ini Sya sdh
Membuka USAHA bru & punya Tabungan Sndri di
BANK,srta bsa membantu KELUARGA di Kampung. Ini
smua yg Sya Proleh & Miliki Sndri,Berkat MBAH DAMAR Kerabat/Teman2 TKI/TKW..,yang ingin merubah
nasib seperti saya silahkan tlpon, MBAH DAMAR di
nomor. +6282333304861 beliu tidak menerima sms
dan BUAT TKI/TKW YANG MAU PULANG
KAMPUN untuk BERTEMU sama keluwarga ya, MBAH DAMAR MEMBUKA KESEMPATAN UNTUK JACPOT THAILOTRY-LOTTO -TOTO-MAGNUM MENYEDIAKAN
MULAI DARI 3 ANGKA SAMPAI 6 ANGKA TERGANTUNG
TANGGAL HARI LAHIR,MBAH DAMAR CUMA MELAYANI
YANG SERIUS DAN BETUL2 BUTUH BANTUAN..TERIMA
KASIH WSLM
WEBSET MBAH'DAMAR Klik http://angkaritualmbahdamar.blogspot.com
PAK AGUS TONO said…
SALAM KENAL SEMUA,SAYA PAK AGUS TONO DARI MALAYSIA
CERITA YANG BENAR BENAR TERJADI (ASLI) BUKAN REKAYASAH!!!

TERIMA KASIH BANYAK MBAH SERO SUDAH 3 TAHUN SAYA MENDERITA DI MALAYSIA KERJAAN SAYA CUMA MENOMBAK KELAPA SAWIT PENDAPATAN TIDAK SEBERAPA SEDANKAN SEWAH KONTRAKAN RUMAH 700 RIBU PERBULAN TAPI SETELAH KAMI DAPAT NOMOR MBAH DI INTERNET KAMI COBA-COBA HUBUNGI LALU MINTA BANTUAN ANGKA GHOIB DAN ALHAMDULILLAH ANGKA YANG DIBERI MBAH SERO LANSUNG TOTO 6D BENAR-BENAR 100% TERBUKTI TEMBUS SEKALI LAGI TERIMA KASIH MBAH SERO RENCANA MAU PULANG KE INDO BUKA USAHA INI SEMUA BERKAT BANTUAN ANGKA GHOIB MBAH SERO BAGI ANDA YANG INGIN MERUBAH NASIB SEPERTI SAYA HUBUNGI MBAH SERO DI NOMOR 082 370 357 999 TERIMA KASIH..!!! INI KISAH NYATA DARI SAYA..
Bpk radi said…
Buat saudara punya permasalahan ekonomi: hub aki santoro,karna saya sudah membuktikan bantuan aki santoro yang berminat,hub aki santoro di nomor 0823 1294 9955, atau KLIK DI SINI
Saya ingin menyampaikan kepada
seluruh Tki yang bekerja di negeri orang ,,
saya PAK HERMAWANG KAMI TKI DI MALAYSIA
pengen pulang ke indonesia tapi gak ada ongkos
sempat saya putus asa, apalagi dengan keadaan istri hamil mengandalkan
gaji itupun buat makan, sedangkan hutang banyak
kebetulan kami buka-buka internet mendapatkan
nomor AKI katanya bisa bantu orang melunasi hutang
melalui jalan TOGEL ,,dengan keadaan susah jadi saya coba
hubungi aki karna saya pikir tidak ada salah,nya kita coba dan minta
angka bocoran angka 4D yang di berikan aki ternyata betul-betul tembus 100% bagi saudarah-saudarah di indonesia maupun di
luar negeri apabila punya masalah hutang sudah lama belum lunas atau mau bukah usaha dan perlu uang untuk sehari harinya
jangan putus asah beliau bisa membantu meringankan masalah anda
hubungi DARMO di nomor 082-310-142-255 silahkan anda buktikan sendiri
demi allah saya sudah membuktikan angka dari aki sekrang giliran anda untuk MEMBUKTIKANNYA!!!
>>>> KELIK DISINI KELUARAN NOMOR TOGEL 4D 5D 6D 7D SAMPAI 12 ANGKA <<<<
Kami sekeluarga tak lupa mengucapkan puji syukur kepada ALLAH SWT, dan terima kasih banyak kepada aki atas bantuan angka ritualnya yang aki berikan 4D ternyata itu benar-benar tembus 100% ky,, dan alhamdulillah sekarang saya bisa melunasi semua hutang-hutang saya yang ada sama TETANGGA juga BANK BRI dan bukan hanya itu aki insya ALLAH saya akan buka usaha sendiri demi mencukupi kebutuhan keluarga saya sehari-hari itu semua berkat bantuan aki, sekali lagi makasih banyak yaa aki,,, BAGI SAUDARAH YANG PUNYA PERMASALAHAN EKONOMI ATAU TERLILIT HUTANG SANGAT BANYAK silahkan hubungi AKI BROMO DI: =085-288-958-758= insya ALLAH anda bisa seperti saya menang togel ( 455 JUTA ), dan anda tidak usah ragu lagi akan adanya penipuan atau hal semacamnya sebab saya sudah buktikan sendiri, Saya Jamin aki bromo tidak akan mengecewakan. SEMOGA SUKSES AMIN...!!! ATAU KLIK DISINI SITUS PESUGIHAN NYATA TANPA TUMBAL



















































































Kami sekeluarga tak lupa mengucapkan puji syukur kepada ALLAH SWT, dan terima kasih banyak kepada aki atas bantuan angka ritualnya yang aki berikan 4D ternyata itu benar-benar tembus 100% ky,, dan alhamdulillah sekarang saya bisa melunasi semua hutang-hutang saya yang ada sama TETANGGA juga BANK BRI dan bukan hanya itu aki insya ALLAH saya akan buka usaha sendiri demi mencukupi kebutuhan keluarga saya sehari-hari itu semua berkat bantuan aki, sekali lagi makasih banyak yaa aki,,, BAGI SAUDARAH YANG PUNYA PERMASALAHAN EKONOMI ATAU TERLILIT HUTANG SANGAT BANYAK silahkan hubungi AKI BROMO DI: =085-288-958-758= insya ALLAH anda bisa seperti saya menang togel ( 455 JUTA ), dan anda tidak usah ragu lagi akan adanya penipuan atau hal semacamnya sebab saya sudah buktikan sendiri, Saya Jamin aki bromo tidak akan mengecewakan. SEMOGA SUKSES AMIN...!!! ATAU KLIK DISINI SITUS PESUGIHAN NYATA TANPA TUMBAL





















































































Kami sekeluarga tak lupa mengucapkan puji syukur kepada ALLAH SWT, dan terima kasih banyak kepada aki atas bantuan angka ritualnya yang aki berikan 4D ternyata itu benar-benar tembus 100% ky,, dan alhamdulillah sekarang saya bisa melunasi semua hutang-hutang saya yang ada sama TETANGGA juga BANK BRI dan bukan hanya itu aki insya ALLAH saya akan buka usaha sendiri demi mencukupi kebutuhan keluarga saya sehari-hari itu semua berkat bantuan aki, sekali lagi makasih banyak yaa aki,,, BAGI SAUDARAH YANG PUNYA PERMASALAHAN EKONOMI ATAU TERLILIT HUTANG SANGAT BANYAK silahkan hubungi AKI BROMO DI: =085-288-958-758= insya ALLAH anda bisa seperti saya menang togel ( 455 JUTA ), dan anda tidak usah ragu lagi akan adanya penipuan atau hal semacamnya sebab saya sudah buktikan sendiri, Saya Jamin aki bromo tidak akan mengecewakan. SEMOGA SUKSES AMIN...!!!  ATAU KLIK DISINI SITUS PESUGIHAN NYATA TANPA TUMBAL

Popular posts from this blog

Hadits-hadits Dakwah

  Kewajiban Dakwah
1)مَنْ دَلَّ عَلَى خَيْرٍ فَلَهُ مِثْلُ أَجْرٍ فَاعِلِهِ (رواه مسلم)
“Barang siapa yang menunjukkan kepada suatu kebaikan, maka baginya pahala seperti orang yang melaksanakannya”
2)مَنْ رَأَى مِنْكُمْ مُنْكَرًا فَلْيُغَيِّرْهُ بِيَدِهِ فَإِنْ لَمْ يَسْتَطِعْ فَبِلِسَانِهِ فَإِنْ لَمْ يَسْتَطِعْ فَبِقَلْبِهِ وَذَلِكَ أَضْعَفُ الْإِيمَانِ.( وراه صحيح مسلم) Rasulullah pernah bersabda: “Barangsiapa yang melihat kemungkaran, maka cegahlah dengan tanganmu, apabila belum bisa, maka cegahlah dengan mulutmu, apabila belum bisa, cegahlah dengan hatimu, dan mencegah kemungkaran dengan hati adalah pertanda selemah-lemah iman

HUKUM BERDAKWAH

1)اَنْفِذْ عَلَى رَسُلِكَ حَتَّى تَنْزِلَ بِسَاحَتِهِمْ ثُمَّ اُدْعُهُمْ إِلَى الإِسْلاَمِ وَأَخْبِرْهُمْ بـِمَا يَجِبُ عَلَيْهِمْ مِنْ حَقِّ اللهِ فِيْهِ فَوَاللهِ لِأَنْ يَهْدِيَ اللهُ بِكَ رَجُلاً وَاحِداً خَيْرٌ لَكَ مِنْ أَنْ يَكُوْنَ لَكَ حُمْرُ النَّعَمِ ) (رواه البخارى)
“Ajaklah mereka memeluk Islam dan beritahu mereka apa-apa yang diwaji…

Ayat dan Hadits Tentang Komunikasi Efektif

Bab I Pendahuluan
Dalam perspektif Islam, komunikasi merupakan bagian yang tak terpisahkan dalam kehidupan manusia karena segala gerak langkah kita selalu disertai dengan komunikasi. Komunikasi yang dimaksud adalah komunikasi yang islami, yaitu komunikasi berakhlak al-karimah atau beretika. Komunikasi yang berakhlak al-karimah berarti komunikasi yang bersumber kepada Al-Quran dan hadis (sunah Nabi). 
Dalam Al Qur’an dengan sangat mudah kita menemukan contoh kongkrit bagaimana Allah selalu berkomunikasi dengan hambaNya melalui wahyu. Untuk menghindari kesalahan dalam menerima pesan melalui ayat-ayat tersebut, Allah juga memberikan kebebasan kepada Rasulullah untuk meredaksi wahyu-Nya melalui matan hadits. Baik hadits itu bersifat Qouliyah (perkataan), Fi’iliyah (perbuatan), Taqrir (persetujuan) Rasul, kemudian ditambah lagi dengan lahirnya para ahli tafsir sehingga melalui tangan mereka terkumpul sekian banyak buku-buku tafsir.

Dai, Mad'u dan Pesan Dakwah

A.LATAR BELAKANG Agama merupakan sebuah sistem kepercayaan yang pada dasarnya adalah menentukan pijakan hidup seorang manusia pada sebuah keyakinan akan kebutuhan fitrawi manusia itu sendiri atas kepercayaan yang dianutnya. Unsur ajaran dan tata nilai menjadi sebuah bangunan kokoh yang tertanam dalam esensi ajaran dari sebuah agama. Ajaran dan tata nilai tersebut menciptakan sebuah bangunan tradisi yang menjadikan aktifitas kehidupan memiliki aturan dalam proses interaksi sosial-keagamaan. Dari sini bisa kita asumsikan bahwa manusia pada dasarnya memerlukan kepercayaan dan sebuah pedoman untuk hidup. Pemberian kepercayaan dan sebuah pedoman manusia tidak dapat secara langsung diberikan, melainkan dengan sebuah perantara yaitu dakwah. Secara terminology dakwah telah banyak didefinisikan oleh para ahli. Sayyid Qutb memberi batasan dengan ‘mengajak’ atau ‘menyeru’ kepada orang lain masuk kedalam sabil Allah Swt. Bukan untuk mengikuti dai atau sekelompok orang. Dakwah sendiri dapat didefin…